Debat Terbuka Pemilihan Dengan Satu Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Badung 2020

Debat Terbuka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Badung putaran ketiga diselenggarakan pada Jumat, 27 November 2020 secara langsung di Bali Nusa Dua Convention Center, Kecamatan Kuta Selatan pada pukul 19.00 hingga 21.00 WITA yang disiarkan langsung di TVRI Bali, INEWS, dan kanal Youtube KPU Badung.

Dalam debat terbuka kali ini tema yang diusung adalah, “Kebijakan dan Strategi Penanganan, Pencegahan, dan Pengendalian Covid-19”. Rangkaian kegiatan debat terbuka ini diawali oleh sambutan Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta yang mengatakan bahwa beliau dan KPU Badung sangat bahagia karena masih mampu untuk melaksanakan tahapan- tahapan pelaksanaan debat terbuka dengan gemilang walaupun di masa pandemi.

Selain itu, proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung harus dipastikan aman dan terjamin agar masyarakat Badung tidak takut untuk melaksanakan pemilihan yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 nanti. Ketua KPU Kabupaten Badung dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa, “menjalankan hak pilih, kita akan menjalankan Dharma agama dan Dharma negara”.

Pelaksanaan debat terbuka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung dipandu oleh Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si dari Universitas Warmadewa selaku moderator. Beliau menyampaikan secara detail mengenai aturan pelaksanaan debat kepada pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Badung.

Pasangan Calon Bupati Badung dan Wakil Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, S.Sos dan Drs. I Ketut Suiasa, SH

Segmen pertama dimulai dengan penyampaian visi dan misi oleh paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Badung. Calon Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta S.Sos menyampaikan bahwa keselamatan, kesehatan, dan kebahagiaan rakyat adalah hukum tertinggi. Ini sejalan dengan visi dan misi program kerja pasangan Giriasa yaitu melanjutkan kebahagiaan masyarakat Kabupaten Badung melalui pola pembangunan yang berlandaskan Tri Hita Karana. Selain hal tersebut, Calon Bupati Badung juga menyampaikan bahwa prioritas bagi paslon adalah mengedepankan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) untuk masyarakat Kabupaten Badung.

Calon Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta S.Sos juga mengatakan bahwa “bagi kami di era sekarang ini darurat kesehatan Covid-19 dan darurat ekonomi.” Beliau juga menyampaikan akan bergerak, solid, berjuang bersama dengan masyarakat Kabupaten Badung agar Badung bisa bahagia.

Segmen kedua dilanjutkan dengan penajaman visi dan misi dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh 5 panelis, terdiri dari perspektif hukum dan kebijakan oleh Prof. Dr. I Wayan Parsa, S.H., M.Hum. dari Universitas Udayana, aspek kesehatan oleh Drs. dr. Dewa Ayu Putri Sri Masyeni, Sp.PD-KPT, FINASIM dari Universitas Warmadewa, perspektif kedokteran oleh Prof. Dr. dr. A.A. Wiradewi Lestari, Sp.PK(K) dari Universitas Udayana, perspektif ekonomi oleh Dr. I Gusti Wayan Murjana Yasa, S.E., MSI dari Universitas Udayana, dan aspek kepariwisataan oleh Prof. Ni Made Ernawati, MATM, Ph.D dari Politeknik Negeri Bali, serta pertanyaan dari masyarakat Badung yang disampaikan oleh koordinator panelis Dr. Murjana Yasa.

Selama paslon Bupati dan Wakil Bupati melaksanakan segmen tanya jawab dengan panelis acara berjalan dengan lancar, kondusif, dan serasi. Pada closing statement, paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Badung menyampaikan dengan cara yang sangat unik yakni dengan melantunkan tembang khas Bali dengan pesan yang terkandung di dalamnya untuk masa depan masyarakat dan Kabupaten Badung.

Oleh: Vrinda

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *