Dekan Fakultas Hukum Lantik Pengurus BEM dan DPM ; Tuntut Bangkitkan Kegiatan Akademik

Dekan Fakultas Hukum resmi melantik pengurus BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) periode 2019/2020 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama, Universitas Warmadewa (2/1/20). Acara dihadiri oleh seluruh pejabat struktural maupun non strukutural Fakultas Hukum, para Dekan, perwakilan Unitas di lingkungan Universitas Warmadewa. Pelantikan ini bertujuan untuk mengganti masa jabatan BEM dan DPM periode sebelumnya setelah melalui rangkaian acara musyawarah mahasiswa yang dilaksanakan sejak tiga hari lalu. Kali ini, sebanyak 33 mahasiswa Fakultas Hukum secara resmi bergabung dalam struktur keorganisasian BEM dan DPM FH.


I Nyoman Budiartha, Dekan Fakultas Hukum mengatakan pelantikan ini merupakan wujud demokrasi mahasiswa yang harus dijunjung tinggi sekaligus mendukung regenerasi para calon pemimpin. “1 periode sudah cukup bagi mahasiswa yang ingin wisuda dalam waktu tiga setengah tahun”, ujarnya saat memberikan sambutan. Peraturan 1 tahun masa jabatan telah menjadi peraturan resmi KEMRISTEKDIKTI (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) dalam mengemban suatu organisasi kemahasiswaan. Dalam pelantikan ini, Dekan FH juga mengingatkan beberapa hal, seperti mahasiswa didorong untuk membangkitkan kembali kegiatan akademik, khususnya dalam berdebat. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah melatih soft skill mahasiswa untuk tidak ragu bertanya dan berani mengemukakan pendapat, sehingga tercipta sebuah solusi dari masalah. Selain berdiskusi, I Nyoman Budiartha juga mengingatkan mahasiswa untuk melatih manajemen, baik diri sendiri maupun dalam berorganisasi. “Hal ini sangat penting, apalagi soal keuangan”, sahutnya lagi. BEM periode 2019/2020 diharapkan agar mampu membangkitkan gairah mahasiswa lainnya untuk turut berpartisipasi aktif dalam pengabdian dan studi banding.
Beberapa hal tersebutlah yang akan menunjang kesejahteraan mahasiswa. Tidak kalah pentingnya juga, pengurus BEM dan DPM baru juga ditugaskan untuk mengajak mahasiswa untuk membuat proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). “Penelitian yang dilombakan di tingkat nasional, PIMNAS namanya”, terang mantan Wakil Rektor III Unwar tersebut. Tak lupa pula, Dekan yang mewakili para dosen dan mahasiswa di lingkungan FH Unwar mengucapkan terima kasih kepada pengurus BEM dan DPM periode 2018/2019 yang telah bekerja sama demi kemajuan Fakultas Hukum. “Yang paling tidak bisa saya lupakan adalah ketika pengurus BEM dan DPM lalu membantu Fakultas untuk memperkuat borang. Alhasil Fakultas kita, terakreditas A”, tambahnya lagi. Maka dibutuhkan kerja sama yang baik, bukan hanya mahasiswa, tetapi juga pendamping, dalam hal ini adalah salah satu dosen yang akan ditugaskan. Memasuki tahun 2020, mahasiswa FH diharapkan lebih aktif dan giat dalam rangkaian kegiatan akademik maupun non akademik agar sewaktu-waktu lulusannya dapat bersaing di dunia pekerjaan. (BD)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *