Investasi Kunci Millenial Mandiri

Persmaunwar.com – Universitas Warmadewa dengan Pegadaian Denpasar menyelenggarakan Webinar yang bertajuk “Investasi Emas Bagi Generasi Millenial”, yang dilaksanakan pada Jumat, (20/11) pukul 08.30 WITA diikuti oleh 740 orang yang mencakup staff Unwar, mahasiswa Unwar, staff Pegadaian serta masyarakat umum.

Acara dimulai dengan sambutan-sambutan yang diberikan oleh Deputi Bisnis Area 1 Denpasar, I Ketut Winarta, S.E., M.Si., yang mengatakan sangat mengapresiasi sudah diberikan kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan webinar yang merupakan langkah awal untuk merealisasikan MoU (Mind of Understanding) kerjasama antara Pegadaian dengan Universitas Warmadewa yang diharapkan akan bermanfaat kedepannya. Dilanjutkan sambutan dari Ka.Bamakermas Dr. Agus Darmayoga Pratama, S.S., M.Hum. yang mewakili Rektor Universitas Warmadewa, mengharapkan adanya tindak lanjut dan perkembangan mengenai kerjasama yang telah terjalin antara Pegadaian dan Universitas Warmadewa setelah acara Webinar ini.

Narasumber yang berkesempatan untuk memaparkan materi tentang investasi dan bagaimana cara berinvestasi emas dalam webinar ini, yaitu Bhima Panji Abara selaku Marketing Executive Pegadaian Area 1 Denpasar dengan moderatornya Ni Wayan Nina Yantini.

Investasi sangat penting dan harus dimulai sejak dini, untuk itu dengan adanya Pegadaian yang merupakan salah satu lembaga yang bergerak untuk memfasilitasi gadai, pembiayaan dan jasa-jasa yang terkait lainnya. Pegadaian berdiri sejak tahun 1901 dan bekerja sama dengan BUMN dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurut Bhima, ada 5 kesalahan millennials yang berdampak pada masa tua mereka, antara lain kebiasaan menunda-nunda untuk menabung atau berinvestasi, gaya hidup yang terlalu nyaman di zonanya sehingga menganggap remeh masa depan, tidak memperhatikan kredit contohnya saat berbelanja ke mall atau tempat berbelanja lainnya dengan godaan discount atau flash sale yang menarik akhirnya lupa akan limit kredit, sifat gegabah yang sangat menempel membuat suatu keputusan tanpa pikir panjang, dan malas berinvestasi yang padahal akan bermanfaat untuk kebutuhan masa depan dan terjaminnya masa tua.

Perencanaan keuangan sangat penting karena kita sebagai manusia menjalani tahap kehidupan, problem-problem keuangan yang kita tidak ketahui datang secara mendadak dan kita kaget akhirnya mengalami stress. Jadi bisa dibilang perencanaan keuangan itu sebagai penyelamat kita akan resiko yang seharusnya berat menjadi lebih ringan karena kita mempunyai rencana cadangan untuk mengatasinya.

Mengapa investasi penting? Bhima mengatakan karena investasi membantu meringankan dan mencegah terjadinya inflasi (penurunan nilai mata uang), selain itu investasi juga merupakan pemanfaatan waktu pada masa produktif yang bisa dibilang berfaedah karena pasti akan bermanfaat di masa depan nanti baik untuk pendidikan, modal usaha, dana pensiun, tabungan naik haji bagi yang melaksanakan, sebagai kebutuhan dana darurat maupun proteksi masa depan.

Macam-macam investasi antara lain investasi dalam bentuk tabungan dan deposito, properti, saham, reksadana hingga emas. Emas merupakan unsur yang awet dan tidak korosi, nilai emas lebih bertahan dalam kondisi inflasi sekalipun, asetnya nyata, mudah dibawa dan disimpan, dapat digunakan sebagai modal dijual dan dijadikan jaminan, nilai emas cenderung terus meningkat berbeda dengan nilai uang, perlindungan terhadap emas yang diakui disemua negara. Menurut sumber kredibel harga emas, nilai harga emas per Agustus 2020 ini sebesar Rp 1.050.000,00,- /1 gram.

Pegadaian memiliki 2 program andalan yaitu Mulia Angsuran Personal dan Mulia Angsuran Arisan untuk nasabah perseorangan dengan syarat-syarat mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Identitas Anak, uang administrasi cash sebesar Rp 50.000,00,- dan unduh aplikasi Pegadaian Digital. Kutipan “Investasi yang bermanfaat adalah ilmu di dalam diri yang diaplikasikan” mengajak untuk berinvestasi emas mulai dari sekarang untuk mencapai tujuan keuangan menjadi penutup dari pemaparan 2 jam materi pembicara.

Oleh : Yundra

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *