Menilik Potensi Ekowisata Inovatif di Beberapa Wilayah Baru

Warmadewa Research Center melaksanakan Webinar Jumpa Ngopi seri Ekowisata #2 dengan tema “Peluang dan Keterbatasan Ekowisata bagi Wilayah-Wilayah Baru” pada hari Selasa, 23 Maret 2021 secara daring melalui Zoom.

Acara webinar ini diisi oleh pembicara yang berasal dari Pusat Penelitian Kewilayahan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yakni  Prof. Dr. Yekti Maunati, MA yang dipandu oleh moderator dari Peneliti Warmadewa Research Center bapak Dr. I Ngurah Suryawan, M.Si serta diikuti oleh peserta webinar.

Acara webinar ini dibuka langsung oleh Direktur Warmadewa Research Center Universitas Warmadewa bapak I Nyoman Gede Maha Putra. Dalam sambutannya ia berterima kasih kepada pembicara (Prof. Dr. Yekti Maunati, MA) yang telah bersedia menjadi pembicara dalam webinar ini. Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai Warmadewa Research Center dan sejarah peradaban pariwisata khususnya di Bali.

Acara dilanjutkan langsung dengan pemaparan materi dari Ibu Prof. Dr. Yekti Maunati, MA. Sebelum memaparkan materi ia mengucapkan berterima kasih telah diundang menjadi salah satu pembicara di webinar ini.

Prof. Yekti membuka materinya dengan menjelaskan tentang pariwisata (bagaimana mengenal pariwisata, jenis pariwisata, berbagai studi pariwisata di asia tenggara, temuan wisata) dan ekowisata (pengelolaan, inovasi, pembaharuan, connecticity, ekowisata daerah terpencil, dan ecotourism) juga tentang kerusakan lingkungan yang menjadi tantangan dunia pariwisata.

Ekowisata secara umum digunakan sebagai etnis mass-tourism dan memiliki persyaratan tertentu dengan melibatkan masyarakat lokal. Ia juga menjelaskan bahwa harus ada inovasi dan interaksi-interaksi terbaru dalam menangani hal-hal yang menjadi tantangan dari pariwisata dan ekowisata.

Acara webinar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan pembicara.

Oleh: NMS

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *