PKMO 2020 KSR-PMI: Berkarakter dan Berintegritas

KSR-PMI Unit Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (PKMO) 2020 dengan tema “Membangkitkan Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter dan Berintegritas Tinggi” selama dua hari pada 11-12 Desember 2020 secara daring. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor (WR) III Unwar, Ketua Pengurus PMI Bali, Ketua Pengurus PMI Denpasar, Pembina KSR-PMI Unit Unwar, Kabag. Kemahasiswaan Unwar, Koor. Forum Relawan Kota Denpasar, Presiden BEM&DPM Unwar, Ketua Umum KSR-PMI Unwar, serta undangan dan peserta.

Ivan Nathaniel Aji selaku Ketua Panitia mengatakan tujuan dari diadakannya PKMO ini adalah agar dapat membentuk karakter KSR-PMI Unit Unwar yang memiliki sikap profesional serta dapat memberikan kemampuan bagi setiap anggota sehingga mampu melakukan manajemen organisasi dengan baik. Ivan juga berharap para peserta dapat memahami segala materi maupun mempraktekkan apa yang telah diberikan oleh pemateri maupun fasilitator. 

Pembina KSR-PMI Unit Unwar, Dr. Ir. I Nyoman Dewa Sudita. M.P. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian yang sangat penting karena setiap anggota KSR-PMI Unwar akan dihadapkan dengan fungsi dan peran dalam melaksanakan serta mengikuti kegiatan organisasi sehingga harus paham teori kepemimpinan dan manajemen organisasi. 

Pelatihan hari pertama, 11 Desember 2020 menghadirkan empat materi. Materi pertama mengenai Kepemimpinan dibawakan oleh I Putu Suta Wijaya, S.E. yang kemudian dilanjutkan menuju materi kedua mengenai Kepemimpinan Manajemen Organisasi oleh Fahrur Rozi, S.H., lalu materi Manajemen Konflik oleh Petrus Putu Suryawan Nadi, S.P., serta terakhir materi mengenai Pengembangan Sumber Daya Organisasi oleh Adi Eka Ulandari S.E. serta post test untuk melihat perkembangan dan pemahaman akan materi yang diberikan.

PKMO dilanjutkan pada hari kedua, 12 Desember 2020 dengan menghadirkan empat materi juga. Pemberian materi pertama yakni mengenai Kesekretariatan oleh Pembina KSR-PMI Unit Unwar, Dr. Ir. I Nyoman Dewa Sudita. M.P. dilanjutkan dengan Materi Dasar-dasar Jurnalistik oleh Taufan Kristanto, lalu pemberian Materi Dinamika Kampus oleh Ni Putu Nita Anggraini, S.E., M.M., serta terakhir mengenai Teknik Persidangan oleh I Nengah Nuarta, S.H., M.H..

Pada acara penutupan, Ketua Umum KSR-PMI Unit Unwar, Ni Made Putri Maharani menyampaikan harapan dengan diselenggarakan kegiatan PKMO ini manfaat dari materi kepemimpinan hingga manajemen organisasi yang didapatkan oleh peserta dapat direalisasikan dan menjadi lebih aktif dalam menjalankan keanggotaan organisasi di KSR-PMI Unit Unwar.

Drs. I Made Mudra M.Si selaku Pengurus PMI Kota Denpasar mengapresiasi kegiatan PKMO yang diadakan KSR-PMI Unit Unwar, sebagaimana pelatihan ini meningkatkan kapasitas dari seluruh SDM pengurus KSR-PMI. 

“Memimpin manusia banyak (organisasi) itu cukup sulit, karena mereka mempunyai keinginan, kemampuan, latar belakang, karakter, dan kepentingan yang berbeda. Untuk itu diperlukan proses belajar memimpin orang lain maupun diri sendiri ataupun dipimpin,” tutupnya.

Oleh: Devik Widia

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *