Public Speaking and Writing in Social Media: Penerapan Praktis Ilmu Linguistik dan Komunikasi

Prodi Magister Ilmu Linguistik Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (Unwar) membuka weekend pertama bulan Desember dengan webinar daring bertajuk “Public Speaking and Writing in Social Media”. Acara ini dimulai pukul 08.30 dengan masuknya peserta webinar ke dalam pranala Zoom yang telah diberikan, diikuti kehadiran Dr. Mirsa Umiati, M.Hum selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Magister Ilmu Linguistik, Dr. Drs. I Nyoman Muliana, M.Hum selaku Dosen Prodi Magister Ilmu Linguistik yang menjadi moderator pada webinar ini, dan para panitia termasuk ketua panitia webinar ini yakni Ida Bagus Yoga Danu Darmawan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib webinar oleh panitia. Tata tertib meliputi kewajiban menggunakan nama asli pada akun Zoom, tidak mengaktifkan mikrofon Zoom ketika tidak berbicara, mengajukan pertanyaan yang sopan dan tidak terkesan menyudutkan, tidak memasang gambar latar belakang yang keluar dari tema webinar, serta dilarang berbincang-bincang diantara para peserta. Lalu, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, sambutan dimulai oleh Direktur Pascasarjana Unwar yakni Dr. Dra. Anak Agung Rai Sita Laksmi, M.Si. Beliau menyatakan bahwa media sosial adalah alat utama dalam berkomunikasi dan berekspresi. Pengelolaan dan pemanfaatan media sosial secara bijaksana menjadi sebuah keperluan bersama melalui cara-cara yang konstruktif. Melalui webinar ini, beliau berharap agar materi yang disampaikan narasumber bisa bermanfaat dan menambah wawasan peserta webinar agar bijak dalam bermedia sosial.

Sambutan kedua berasal dari ketua panitia webinar yang merincikan bahwa pembiayaan webinar ini murni berasal dari peserta dan juga apresiasi terhadap kedua narasumber dalam webinar ini, yakni Dakota Hotham yang berasal dari Southern Cross University Australia serta Paul Suardi selaku pakar public speaking. Dilanjutkan dengan sambutan ketiga dari moderator yang menekankan kembali inti serta tujuan dari diadakannya webinar ini dan merincikan lebih dalam lagi mengenai latar belakang akademis Mrs. Dakota Hotham serta Paul Suardi.

Materi pertama dibawakan oleh Dakota Hotham dengan judul “Effective Business Writing in Social Media” selama lebih kurang 45 menit. Secara ringkas beliau menjelaskan mengenai penggunaan media sosial dari segi linguistik dan non-linguistik. Menurutnya, penggunaan kata-kata dalam mempromosikan suatu produk tertentu harus sederhana tetapi memiliki nilai persuasi yang tinggi serta understandable bagi warganet. Secara linguistik, kemampuan penguasaan bahasa Inggris menjadi penting sebagai bahasa internasional sehingga otomatis bahasa Inggris juga menjadi bahasa media sosial.

Setelah materi pertama berakhir, acara dilanjutkan dengan materi kedua oleh Paul Suardi yang membahas secara komprehensif mengenai public speaking. Materi dimulai dengan refleksi dari sejumlah publik figur nasional yang memiliki kemampuan berbicara di muka umum sebagai aset utama kesuksesannya menguasai komunikasi dalam masyarakat. Karakteristik yang diperlukan adalah extrovert, generalize, flexible, dan friendly. Extrovert dalam konteks ini bukan menunjuk pada karakter seseorang, tetapi menunjuk pada kemampuan untuk berpikiran terbuka serta aktif bertukar informasi dari berbagai diskusi dan pertemuan serta mengelolanya menjadi ilmu yang berguna. Hal ini sinergis dengan karakteristik generalize yang menunjuk pada penguasaan berbagai pengetahuan umum dalam masyarakat sehingga dapat diajak berdiskusi mengenai topik apa saja yang sedang hangat dibicarakan. Materi kedua juga berlangsung selama lebih kurang 45 menit. Setelah kedua materi berakhir, acara berlanjut menuju sesi tanya jawab dan diskusi selama lebih kurang tiga puluh menit.

“Disini (Prodi Magister Ilmu Linguistik, red) ada dua organisasi. Pertama Himpunan Mahasiswa, kemudian yang kedua ada Ikatan Alumni Prodi Magister Ilmu Linguistik. Kami dari lembaga dan dosen-dosen memberi kesempatan pada mereka untuk berekspresi dan menggali pengetahuan dari luar ruang kuliah,” ucap Dr. Muliana atau yang akrab disapa Dr. Mul ini ketika ditanya mengenai esensi dari webinar ini. “Nah, bidang ilmu itu bisa berupa ilmu murni, yakni linguistik dan ilmu terapan, ya seperti yang dilaksanakan pada webinar ini. Kalau istilah lainnya dalam dunia kampus ini adalah mimbar akademik. Kami juga menghadirkan tadi dua narasumber yang memang luar biasa sekali dalam profesinya. Itulah yang bisa dipersembahkan oleh teman-teman Himpunan Mahasiswa dan Ikatan Alumni Prodi Magister Ilmu Linguistik,” tutup beliau setelah menjelaskan secara detail.Senada dengan Dr. Mul, Dr. Mirsa juga menyampaikan bahwa webinar ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa dan Ikatan Alumni Prodi Magister Ilmu Linguistik. “Di tengah Pandemi Covid-19 ini satu-satunya alat komunikasi memang melalui media sosial karena masih belum bisa bepergian. Kenapa harus public speaking? Karena seni komunikasi itu harus dipelajari dan mutlak dikuasai oleh mahasiswa, juga oleh alumni. Sehingga ketika kedepannya mereka berkiprah di masyarakat, mereka bisa berkomunikasi lebih baik sehingga ide-ide dan gagasannya bisa di-transfer untuk kemajuan masyarakat,” tutur beliau mengenai esensi webinar ini.

Oleh: Yogananda

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *