Terbukti Bersalah, JRX SID Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara

Persmaunwar.com, Denpasar – Sidang Putusan atau Vonis terhadap terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx perkara “IDI KACUNG WHO” di gelar di Pengadilan Negeri Denpasar, kamis (17/11/2020).

Majelis hakim Pengadilan Negeri Denpasar memutuskan I Gede Ary Astina alias Jerinx terbukti bersalah dan divonis pidana penjara selama 1 tahun 2 bulan.

“Menyatakan I Gede Ary Astina alias Jerinx terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dan dengan sengaja dan tanpa hak mengunggah ujaran untuk menyebar kebencian antar ras golongan sebagaimana tuntutan alternatif pertama JPU,” tutur Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi selaku ketua majelis hakim PN Denpasar.

“Menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun dan 2 bulan dan denda Rp 10 juta rupiah. Dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti kurungan satu bulan,” lanjutnya.

Mendengar putusan majelis hakim tersebut, Jerinx terlihat kaget dan menangis diruang sidang.

Vonis hakim ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU),JRX SID dituntut tiga tahun penjara dan denda Rp 10 juta subsider tiga bulan penjara oleh JPU pada sidang tuntutan, Selasa (3/11/2020).

Dan sebagai mana diketahui, dalam sidang pleidoi Jerinx meminta kepada majelis hakim agar ia dihukum dengan hukuman percobaan atau tahanan rumah jika memang dinyatakan bersalah. Namun permintaan Jerinx ini tidak diterima oleh majelis hakim .

Dalam kasus ini Jerinx SID dijerat dengan Pasal 28 Ayat 2 dan Pasal 45 Ayat 1 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

Sementara itu, Jerinx dan penasihat hukumnya belum memutuskan banding. Tetapi dalam persidangan tersebut, ia menegaskan akan berfikir untuk ajukan banding.

Pewarta : Ety Madun

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *