Tingkatkan Mutu PKM: UPJM Unwar Ajak Mahasiswa Berkolaborasi.

Warmadewa – Unitas Penalaran dan Jurnalistik Mahasiswa Universitas Mahasiswa menggelar pelatihan penulisan proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) bertema:”Meningkatkan Mutu Proposal Program Kreativitas Mahasiswa” di Ruang Sidang Sri Ksari Mandappa, sabtu (22/6). Pelatihan ini dihadiru langsung oleh pembina UPJM, Ni Luh Putu Eka Kartika Sari yang didampingi oleh reviewer nasional, Suryawan dan reviewer internal kampus, Agus Maha Sanjaya, Kepala Biro Unwar, para perwakilan dari organisasi mahasiswa, setiap fakultas dan tentunya anggota UPJM. Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah meningkatkan niat, daya nalar mahasiswa unwar agar mampu melahirkan proposal-proposal baru yang dapat bersaing dengan proposal lembaga lainnya pada hibah Kemenristekdikti tahun pendanaan 2020 mendatang. “Kita harus percaya diri, unwar mampu bersaing dengan universitas lainnya, PTN (Perguruan Tinggi Negeri) sekalipun”, tandas Eka dalam sambutannya.

Reviewer nasional untuk Universitas Warmadewa, Suryawan, sedang memberikan materi tentang PKM secara keseluruhan kepada semua peserta pelatihan yang digelar UPJM UNWAR di Ruang Sidang Sri Ksari Mandappa

Lanjutan pelatihan ini akan berlangsung hingga satu minggu kedepan dengan target melahirkan minimal 20 proposal yang terupload di bulan september nanti. PKM adalah wadah yang disiapkan pemerintah bagi mahasiswa untuk menuangkan ide-ide kreativitasnya dalam bentuk tulisan. Mahasiswa diberi ruang bebas untuk mengeksplorasikan idenya, dengan harapan untuk menciptakan luaran yang berkualitas. Suryawan pun menegaskan bahwa mahasiswa yang mampu lolos pendanaan DIKTI sebenarnya harus diberi penghargaan khusus oleh pihak kampus. “Karena ide itu, mahal”, pungkasnya. Suryawan meyakini bahwa ide-ide luar biasa tidak lahir dari status sosial, usia, atau jabatan tertentu. Tetapi ide berasal dari kepekaan, renungan. Artinya melalui kegiatan ini, mahasiswa diajak untuk mulai merasakan sesuatu yang unik untuk ditulis. “Apalagi Bali yang banyak sekali aspek yang dapat kita jual”, lanjutnya dalam sesinya.

Harapannya bersama pelatihan dari Unitas Penalaran dan Jurnalistik ini, dapat memantik semangat mahasiswa yang masih dan akan menuangkan gagasan terbaiknya untuk masa depan bangsa kedepannya. Pihak universitas merespon baik tentang ajang ini, agar mampu mencetak banyak proposal PKM berkualitas mengejar hibah DIKTI tahun pendanaan 2020. (BD)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *