UPJM Unwar Gelar PJTD dan Kelas Singhadwala Bertajuk “Membangun Kreativitas Melalui Tulisan”

Persmaunwar.com, Denpasar – Unitas Penalaran dan Jurnalistik Mahasiswa Universitas Warmadewa (UPJM Unwar) menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) bertajuk “Membangun Kreativitas Melalui Tulisan” pada Sabtu, 14/11/2020.

Kegiatan PJTD ini dilaksanakan secara daring dimulai pada pagi 8:50 WITA dan selesai pada pukul 11:50 WITA.

Calon anggota baru UPJM Unwar yang bergabung dalam kegiatan ini, berjumlah lima puluh dua (52) orang mahasiswa dari fakultas dan jurusan yang berbeda. Selain itu, juga dihadiri oleh Panitia penyelenggara PJTD, pembina UPJM Unwar, Dr. I Gusti Agus Maha Putra Sanjaya, S.Pt,M.M dan Ni Luh Putu Eka Kartika Sari,S.Si,M.Biomed serta dua pemateri, Made Krisna Dinata dari Frontier-Bali dan Ni Ketut Juniarti dari Balebengong.

Saat membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini, pembina UPJM mengharapkan agar ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini dapat memberikan manfaat sehingga kedepannya anggota Unitas mampu menciptakan karyanya bagi Unitas.

“Selamat pagi panitia penyelenggara PJTD, pembina Dr. kartika dan para pembicara yang saya hormati serta calon anggota baru UPJM Unwar, semoga ilmu yang akan diterangkan oleh pembicara dapat dipahami dan setelah ini dapat menghasilkan sebuah karya tulis yang dapat di publikasikan,” ujar Dr. I Gusti Agus Maha Putra Sanjaya, S.Pt,M.M.

“Terima kasih buat kita semua yang menyempatkan untuk hadir di acara ini dan semoga semuanya dalam keadaan sehat, untuk itu pada kesempatan ini saya membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Universitas Warmadewa ini,” tambah pembina UPJM Unwar itu.

Ni Luh Putu Eka Kartika Sari,S.Si,M.Biomed, salah satu pembina Unitas Penalaran dan Jurnalistik Mahasiswa Universitas Warmadewa juga mengharapkan hal yang sama seperti yang diterangkan oleh I Gusti Agus Maha Putra Sanjaya yang akrab di sapa Pak Maha ini. Ia mengharapkan materi yang dibahas pada kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga calon anggota UPJM dapat mengimplementasikan secara nyata lewat sebuah karya tulis dan UPJM bisa menjadi wadah untuk berkarya.

Ketua umum UPJM Unwar, Yonathan Lu Walukati dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya kegiatan PJTD ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Unitas Penalaran dan Jurnalistik Mahasiswa Universitas Warmadewa, bertujuan merekrut kader-kader atau SDM berkualitas yang mampu mengaplikasikan pemahaman kejurnalistikannya lewat sebuah karya tulis untuk bisa dipublikasikan di situs website UPJM.

Kemudian Ketua UPJM menambahkan bahwa kegiatan PJTD ini dilakukan dibulan dan minggu yang sama dengan kegiatan Kelas Singhadwala, yang sebelumnya kedua agenda kegiatan ini diadakan dibulan yang berbeda, namun karena situasi yang tidak memungkinkan akhirnya dilaksanakan di bulan yang sama.

Adapun materi yang dibawakan oleh Made Krisna Bokis Dinata menjelaskan tentang dasar-dasar jurnalistik. Sedangkan Ni Ketut Juniarti dari Bali Bengong menjelaskan materi tentang manajemen redaksi. Made Krisna Bokis Dinata dan Ni Ketut Juniarti dari Bale Bengong dalam kegiatan ini menyampaikan materinya masing-masing secara detail dan setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri.

Pada kesempatan itu, Made Krisna Bokis Dinata menyampaikan berbagai masukan dan saran kepada peserta calon anggota baru UPJM Unwar dan anggota UPJM Unwar. Pria yang akrab disapa Bokis itu juga, menambahkan bahwasanya ia ingin mendapat feedback dari materi yang telah ia sampai dan jelaskan pada kegiatan PJTD itu.

“Sampai mana tingkat pemahaman kalian yang hadir hari ini tentang materi yang telah saya jelaskan? saya ingin feedback dari kalian,” ujar Bokis.

Kemudian pria itu menugaskan peserta untuk membuat berita langsung atau straight news guna ia bisa mengetahui pemahaman peserta calon UPJM maupun panitia UPJM yang hadir.

Pemateri Ni Ketut Juniarti dari Bale Bengong, pada saat sesi tanya jawab menyampaikan berbagai tips tentang bagaimana caranya untuk memulai menulis. Karena ada peserta yang menanyakan dan masih kesulitan untuk memulai menulis atau menciptakan sebuah karya tulis.

Penulis: Ety Madun

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *